Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

12-Point SEO Checklist Untuk 2021

ISRAFILAUTOMOBILES - Melakukan SEO tidak pernah semudah menerbitkan artikel, tidur siang, lalu menunggu peringkatnya. SEO harus holistik dan membutuhkan upaya di semua bidang untuk benar-benar berhasil. Telah seperti ini dan pasti akan seperti ini di tahun 2021 dan tahun-tahun akan datang.

Namun, seseorang hanya dapat melakukan begitu banyak dan ada begitu banyak hal untuk dipikirkan dan difokuskan. Sangat mudah tersesat dalam SEO dan melupakan faktor-faktor lain ketika Anda mencoba mengoptimalkan satu demi satu faktor. Itulah mengapa saya membuat daftar periksa ini untuk membantu Anda mengatur pikiran Anda dan tidak ketinggalan. Jika Anda ingin sukses dalam SEO pada tahun 2021, ikuti daftar periksa ini untuk membantu Anda merencanakan strategi SEO Anda.

 

1. Periksa Meta Tag

Memeriksa dan mengoptimalkan tag meta adalah dua langkah dasar dalam melakukan SEO pada halaman. Itu telah dan akan selalu menjadi bagian penting dari daftar periksa SEO apa pun karena ini mencakup salah satu faktor peringkat terpenting: tag judul. 

Saat mengoptimalkan tag judul, pastikan kata kunci target ada sambil juga membuat salinan yang bagus untuk menarik klik pengguna. Mengoptimalkan tag meta juga berarti mengoptimalkan deskripsi meta dan meskipun ini bukan faktor peringkat, ini penting untuk rasio klik-tayang Anda.

Salah satu hal yang kebanyakan orang lupakan saat memeriksa tag meta adalah atribut tag meta robot yang dapat menyebabkan kesalahan kritis. Tag 'noindex' yang sederhana dapat sepenuhnya merusak peringkat halaman karena secara harfiah akan memberi tahu Google untuk tidak menampilkan halaman ini di hasil pencarian. Anda dapat menggunakan ekstensi pemeriksa pengecualian robot sehingga Anda dapat dengan cepat memeriksa atribut meta robot dari sebuah halaman tanpa harus membuka kode sumber.

2. Cari Konten Duplikat

Konten duplikat dapat menyebabkan dua masalah utama: pertama adalah kemungkinan Google menandainya sebagai spam dan kedua, dapat melemahkan kata kunci di sekitar situs Anda. Juga baik untuk dicatat bahwa konten duplikat bukan sembarang konten di badan artikel. Tag meta duplikat dan subpos juga dapat berdampak negatif pada peringkat Anda.

Dalam kasus di mana konten duplikat tidak dapat dihindari (mis. Dua halaman produk dengan item dan deskripsi yang sama tetapi ukuran yang berbeda, dll.), Gunakan tag kanonik untuk menghindari penurunan peringkat.

3. Periksa Halaman dengan Maksud Yang Salah

Seperti yang saya sebutkan di artikel yang saya tulis tentang faktor peringkat SEO pada tahun 2021, maksud pencarian akan menjadi besar. Itulah mengapa Anda harus mengoptimalkan tidak hanya halaman baru di situs Anda tetapi juga halaman yang sudah ada.

Periksa daftar kata kunci yang Anda targetkan dan cari kata kunci yang belum ada di halaman pertama meskipun Anda sudah berusaha. Cari kata kunci yang Anda targetkan di Google dan lihat sekilas kata kunci yang dihargai Google karena untuk saat ini, ini adalah cara terbaik untuk mengidentifikasi apa maksud dari kata kunci yang Anda targetkan.

Setelah Anda menilai maksud yang tepat untuk kata kunci tersebut, lihat kembali halaman yang Anda coba rangking lalu sesuaikan konten Anda. Apakah hasilnya menunjukkan produk? Maka kemungkinan besar, Anda juga perlu menampilkan produk di halaman Anda. Maksud pencarian akan selalu fokus untuk memberi pengguna jawaban yang mereka harapkan sehingga Anda harus menyesuaikan konten Anda sesuai dengan itu. Ya, kata kunci pada artikel Anda dan jumlah kata masih penting, tetapi jika konten Anda tidak memenuhi apa yang dicari pengguna dengan kata kunci tertentu, Anda akan selalu diungguli oleh mereka yang melakukannya.

4. Optimalkan untuk Vital Web Inti dan Pengalaman Halaman

The Inti Web vital dan Halaman Pengalaman dikonfirmasi faktor SEO yang akan diintegrasikan ke dalam algoritma Google pada tahun 2021 dan tidak ada keraguan bahwa dua ini harus pada daftar Anda.

Bagan Pengalaman Halaman

Ada tiga metrik yang membuat Core Web Vital: Largest Contentful Paint , First Input Delay , dan Kumulatif Layout Shift . Page Experience, di sisi lain, terdiri dari faktor SEO yang ada yang sekarang dikelompokkan bersama untuk membantu Google menilai pengalaman pengguna dengan lebih baik di situs web. Ini termasuk HTTPS, mobile-friendly, safe-browsing, dan tidak ada interstisial. Core Web Vitals sebenarnya termasuk dalam Pengalaman Halaman tetapi ini adalah topik besar yang sering dibahas sepenuhnya sendiri.

Untuk membantu Anda menilai bagaimana situs web Anda menunjukkan faktor-faktor SEO baru ini, Anda dapat menggunakan berbagai alat lapangan dan lab dari Google. PageSpeed ​​Insights, Google Lighthouse, dan ekstensi Chrome Core Web Vitals adalah beberapa di antaranya. Saya menerbitkan serangkaian panduan mengenai Core Web Vitals dan Pengalaman Halaman dan saya sangat menyarankan Anda memeriksanya untuk mendapatkan ide mendalam tentang cara mengoptimalkannya.

5. Meningkatkan Posting Blog Lama

Artikel augmenting yang diterbitkan lebih dari setahun yang lalu adalah strategi SEO hebat yang dapat meningkatkan lalu lintas Anda. Strateginya di sini adalah mencari posting blog yang berkinerja sebelumnya tetapi kemudian turun. Kemungkinan besar, mereka kehilangan peringkat karena berisi informasi usang dan artikel baru dari situs lain mulai mengungguli mereka.

Ini adalah peluang yang cenderung dilupakan oleh sebagian besar pemilik situs web karena sebagian besar berfokus pada penerbitan artikel baru ketika mereka sudah memiliki aset yang dapat menghemat waktu mereka. Lihat contoh artikel ini yang saya gunakan kembali pada tahun 2019. Ada beberapa tampilan halaman per minggu yang lalu pada tahun 2018 ketika pertama kali diterbitkan. Saya kemudian memperbaruinya dan lebih mengoptimalkannya dan mulai mendapatkan lebih banyak tampilan halaman dari sebelumnya, bahkan membawa momentum ke tahun 2020.

Menambah posting blog lama mungkin berbeda-beda, akan ada posting blog yang mungkin perlu dirombak tetapi ada juga yang hanya perlu sedikit penyesuaian. Apa pun itu, itu adalah strategi yang baik yang pasti bisa memberi Anda lebih banyak lalu lintas. Saya menulis panduan lengkap tentang Menambahkan Posting Blog yang dapat Anda baca di sini untuk memberi Anda wawasan lengkap tentang cara melakukannya dengan benar.

6. Terapkan Schema Markups

Tidak, data terstruktur masih belum menjadi faktor peringkat, tetapi Anda tidak boleh meremehkan nilai yang dapat diberikannya ke situs web Anda. Menerapkan markup skema dengan benar pada halaman Anda membuatnya memenuhi syarat untuk Hasil Kaya Google yang dapat meningkatkan rasio klik-tayang Anda dari hasil pencarian Google.

Banyak yang mengabaikan data terstruktur karena bukan hanya ini bukan faktor peringkat, tetapi juga membutuhkan banyak waktu dan upaya untuk menerapkan markup skema secara manual. Melainkan untungnya, ada banyak alat yang bisa menolong mengotomatiskan pengerjaan hal yang demikian. Anda dapat dengan mudah menginstal plugin jika Anda menggunakan WordPress atau menggunakan generator skema yang tersedia untuk digunakan online secara gratis. Ini membuat pembuatan markup skema jauh lebih mudah dan tidak diperlukan pengetahuan pengembangan web.

7. Memanfaatkan AMP

Menggunakan AMP atau Accelerated Mobile Pages di situs Anda secara otomatis menghapus halaman Anda ke tingkat minimum, hanya menyisakan header, konten, dan gambar. Ini memberikan pengalaman terbaik kepada pengguna seluler karena membuat situs web memuat dengan sangat cepat.

Banyak orang yang masih bingung tentang kontribusi AMP pada peringkat situs web. Sudah dikonfirmasi oleh Google bahwa AMP bukanlah faktor peringkat - artinya mengaktifkan AMP di situs web Anda tidak memberi Anda peningkatan peringkat. Namun, Google juga mengatakan bahwa kecepatan adalah faktor peringkat dan AMP membuat situs Anda memuat lebih cepat.

Memasang AMP di situs web Anda tidaklah sulit dan tidak memerlukan pengetahuan pengembangan web jika Anda menggunakan WordPress. Anda cukup menginstal plugin AMP resmi lalu memilih bagian mana dari situs web Anda yang akan dibuat plugin untuk versi AMP.

Perhatikan bahwa AMP bukan untuk semua orang. Karena AMP akan menghapus desain halaman web seminimal mungkin, visual yang Anda gunakan untuk mengonversi pelanggan mungkin tidak muncul. Saya juga tidak merekomendasikan penggunaan AMP pada halaman produk dan halaman kategori produk untuk situs e-commerce. Jika Anda yang demikian, lebih baik fokus untuk memastikan bahwa situs web Anda ramah seluler tanpa menggunakan AMP.

8. Periksa Tautan Internal

Tautan internal sangat penting untuk struktur situs dan juga membantu dalam peringkat. Halaman penting situs web Anda harus memiliki banyak tautan internal ke sana. Penautan internal juga membantu pengguna menavigasi situs web Anda dan dapat membantu mengonversinya. Anda juga dapat membantu Google memahami konteks halaman melalui teks link yang Anda gunakan untuk link internal mirip dengan cara kerja teks link di link balik.

Tujuan lain dari memeriksa tautan internal Anda adalah Anda dapat menyia-nyiakan jus tautan dengan menautkan ke halaman lama situs web Anda yang sudah tidak ada lagi atau menautkan ke URL dengan pengalihan. Menautkan ke 404 URL menghentikan aliran jus tautan dan merupakan kesempatan yang sia-sia. Pengalihan, di sisi lain, mengurangi otoritas yang diteruskan oleh tautan sehingga Anda lebih baik untuk menautkan langsung ke tempat tautan itu mengarahkan.

9. Verifikasi Situs Web di Google Search Console

Jika Anda belum melakukannya, Anda harus melakukan ini secepatnya. Memverifikasi web Anda di Google Search Console merupakan langkah pertama yang mesti Anda lakukan sekiranya Anda berharap menampilkannya di Google. Tak banyak yang dapat dikatakan seputar langkah ini. Cukup buka Google Search Console dan gunakan akun Google Anda untuk login. Ikuti langkah-langkah untuk memverifikasi situs web Anda dan selesai! Google harus mulai merayapi situs web Anda lalu mengindeksnya.

10. Mengirim Peta Situs

Setelah Anda menyiapkan Google Search Console untuk situs web Anda, Anda sekarang dapat mengirimkan peta situs XML Anda untuk membantu Google merayapi situs web Anda dengan lebih baik. Google akan memprioritaskan perayapan URL yang disertakan dalam peta situs yang Anda kirimkan dan juga akan lebih sering merayapinya. Untuk URL yang tidak termasuk dalam peta situs, Google akan tetap meng-crawlnya tetapi dengan prioritas yang lebih rendah.

Untuk situs web besar, Anda dapat membuat beberapa peta situs untuk mengatur URL dengan lebih baik. Anda juga dapat membuat peta situs gambar untuk SEO gambar.

11. Periksa Kesalahan Perayapan dan Pengindeksan

Laporan Cakupan di Google Search Console adalah salah satu manfaat memverifikasi situs Anda. Dalam laporan ini, Anda akan melihat kesalahan perayapan yang mungkin juga mencegah halaman diindeks. Anda juga akan melihat daftar URL yang diindeks, URL dengan peringatan, dan URL yang benar-benar dikecualikan dari hasil pencarian.

Untuk panduan lengkap tentang cara memperbaiki kesalahan cakupan di Google Search Console, saya sangat menyarankan Anda untuk melihat panduan yang saya tulis untuk itu - Cara Memperbaiki Kesalahan Cakupan Indeks di Google Search Console.

12. Tingkatkan ke Google Analytics 4

Google Analytics 4 atau GA4 adalah versi yang disempurnakan dari Google Analytics dengan teknologi AI canggih yang dapat memberi Anda wawasan pemasaran yang lebih banyak dan lebih cerdas. Ini juga memungkinkan Anda memiliki integrasi yang lebih baik dengan Google Ads dan membantu Anda memahami siklus hidup pengguna dengan lebih baik. 

Ke depannya, akun Google Analytics baru secara otomatis akan ada di GA4 dan Anda saat ini menggunakan Universal Analytics, versi sebelumnya, Anda dapat dengan mudah meningkatkan ke Google Analytics 4 di setelan properti Anda. 

Saya sangat menyarankan agar Anda memindahkan semua akun analitik universal lama Anda ke GA4 sehingga Anda dapat mulai menikmati manfaat dari platform baru. Saya yakin akan membutuhkan waktu untuk menyesuaikan dengan platform baru tetapi tidak ada waktu yang lebih baik untuk beradaptasi dan meningkatkan. 

Pengambilan Kunci

2021 akan menjadi tahun di mana kami SEO akan semakin sibuk dengan begitu banyak poin pengoptimalan untuk dipikirkan. Hanya Core Web Vitals saja yang dapat memakan waktu berminggu-minggu! Itulah mengapa sangat penting bagi Anda untuk dapat mengatur dan merencanakan ke depan sehingga Anda tidak akan meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Saya harap daftar periksa ini membantu Anda dalam merencanakan strategi SEO Anda dan membantu Anda mendapatkan peringkat yang lebih baik tahun ini.

Posting Komentar untuk "12-Point SEO Checklist Untuk 2021"